10 Lagu K-Pop Terpopuler Tahun 2016 (2)

Andira Putri | 27 Desember 2016 | 18:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tahun 2016 bisa dibilang sebagai tahunnya girlband di industri musik K-Pop. Sejumlah girlband, baik itu senior maupun junior, sukses mencetak hits sepanjang tahun ini. Karena itu, tidak heran bila daftar 10 lagu K-Pop terpopuler tahun 2016 versi tabloidbintang.com didominasi oleh girlband.

Lalu bagaimana dengan boyband? Mereka cenderung kalah bersinar tahun ini. Hanya ada dua lagu boyband yang masuk dalam daftar tahunan tabloidbintang.com ini. Lagu apa saja yang jadi lagu K-Pop terpopuler di tahun 2016? Simak daftar lengkapnya di bawah ini:

6. 'You Are My Everything' - Gummy

Popularitas sebuah drama kerap mengangkat soundtracknya. Tengok saja Descendants of the Sun. Ketika tayang di Korea Selatan pada akhir Februari hingga akhir April lalu, soundtrack drama ini bergantian menempati jajaran atas tangga lagu lokal.

Di antara sekian banyak lagu, 'You Are My Everything' milik Gummy boleh dibilang sebagai yang paling ikonik. Lagu ini kerap muncul dalam adegan penting Descendants of the Sun. Contohnya ketika karakter utama Yoo Shi Jin dan Kang Mo Yeon berciuman untuk pertama kali. 'You Are My Everything' pun akhirnya berhasil meraih predikat Soundtrack Terbaik dalam Seoul Drama Awards 2016.

7. 'Rough' - Gfriend

Gfriend berhasil melanjutkan kesuksesan mereka tahun lalu. Single teranyar Gfriend, 'Rough' mampu merajai program musik Korea Selatan saat dirilis akhir Januari lalu. Total ada 15 piala dari berbagai program musik yang diraih Gfriend berkat lagu 'Rough' di tahun 2016.

Gfriend masih konsisten menampilkan melodi lagu retro dengan beat kuat yang jadi ciri khasnya dalam 'Rough'. Namun, 'Rough' juga memiliki perbedaan di mana kehadiran musik orkestra membuat lagu terasa sendu. Ini sesuai dengan suasana musim dingin ketika 'Rough' dirilis. 

8. 'Why So Lonely?' - Wonder Girls

Wonder Girls adalah salah satu cerita comeback tersukses di industri musik K-Pop. Publik mengira mereka sudah 'mati' ketika leader Sunye dan visual Sohee hengkang dari grup tersebut. Selain itu, banyak orang tidak yakin bila Wonder Girls tetap bisa sukses setelah memutuskan untuk berubah menjadi band.

Anggapan tersebut dipatahkan Wonder Girls lewat 'Why So Lonely?' di tahun 2016. 'Why So Lonely?' sukses merajai tangga lagu musik panas di Korea Selatan. Padahal, Wonder Girls tampil berbeda untuk lagu ini. Mereka hadir dengan format band serta lagu berirama reggae.

9. 'Dream' - Baekhyun 'EXO' & Suzy

Baekhyun 'EXO' dan Suzy menjadi pelopor duet beda agensi yang ramai terjadi di tahun 2016. Lewat 'Dream', Baekhyun dan Suzy meninggalkan image glamor seorang idol dan tampil kalem. 'Dream' menghadirkan sentuhan musik R&B dengan perpaduan vokal manis antara Baekhyun dan Suzy.

Kolaborasi spesial Baekhyun dan Suzy ini memikat hati publik. 'Dream' sukses debut di posisi pertama saat pertama kali rilis awal Januari lalu. Selain itu, 'Dream' juga berhasil memenangkan penghargaan Best R&B Song di Melon Music Awards 2016 dan Best Collaboration di MAMA 2016.

10. 'Russian Roulette' - Red Velvet

Red Velvet kembali tampil dengan gaya khasnya yang unik dalam 'Russian Roulette'. Single teranyar Red Velvet ini masih setia menghadirkan musik elektronik dengan gaya menyanyi unik. Alhasil lagu 'Russian Roulette' jadi susah dilupakan.

Tidak hanya lagunya saja yang menarik, tetapi juga video klip 'Russian Roulette'. Dalam video klip ini, Red Velvet tampil dingin di mana mereka berusaha menyingkirkan satu sama lain demi mendapatkan cinta laki-laki impiannya. Menariknya, persaingan para personel Red Velvet hadir dengan nuansa penuh warna yang memanjakan mata. Tidak heran bila video klip 'Russian Roulette' berhasil memenangkan penghargaan Best Music Video di Melon Music Awards 2016.

(dira/yb)

Penulis : Andira Putri
Editor: Andira Putri
Berita Terkait